Soal UTS TIK SMP Kelas VIII Semester 2

Contoh soal UTS mata pelajaran TIK untuk tingkat SMP

Contoh soal UTS TIK

Tentang TIK

Padanan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bahasa Inggris adalah Information and Communication Technologies (ICT).

Secara sederhana fungsi dari pelajaran TIK adalah mengarahkan siswa untuk belajar tentang teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Pembelajaran Teknologi Informasi berisi tata cara atau proses penggunaan alat bantu, manipulasi atau rekayasa, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Pembelajaran Teknologi Komunikasi berkaitan dengan implementasi teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari dalam proses berkomunikasi.

Misalnya penerapan teknologi transfer data (informasi) tanpa kabel (wireless technology) dalam alat pengendali kunci pintu pagar rumah yang akan terbuka jika penghuninya berada dalam radius 5 meter di dekat pintu tersebut. Dalam teknologi tersebut sesungguhnya telah terjadi komunikasi antara sistem pengenal atau pendeteksi yang sebelumnya telah diisi rekaman data atau informasi suhu tubuh presisi, citra fisik, atau pembaca retina semua penghuni rumah. www.panduanmu.tk

Pengertian secara luas dari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi yang sejak pertengahan abad ke-20 memunculkan istilah TIK ini. Perkembangan kedua teknologi tersebut sangat pesat, bahkan melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

  • Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya. www.panduanmu.tk
  • Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.
  • Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.

Download Soal

Silahkan Download Latihan Soal UTS TIK SMP Kelas VIII Semester 2
Soal UTS TIK SMP Kelas VIII Semester Genap