Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Daftar Menteri-menteri Negara

Daftar Menteri-menteri Negara

Daftar Alamat Website Resmi Kementerian Negara Republik Indonesia.
Kementerian Republik Indonesia

Kementerian Negara adalah lembaga Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan. Kementerian berkedudukan di Jakarta (ibukota negara) dan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Pembentukannya dilakukan paling lama 14 hari kerja sejak presiden mengucapkan sumpah/janji. Untuk kepentingan sinkronisasi dan koordinasi urusan kementerian, presiden juga dapat membentuk kementerian koordinasi, dengan jumlah seluruh kementerian maksimal 34 kementerian.

Kementerian yang membidangi urusan pemerintahan selain yang nomenklatur-nya (penamaannya) secara tegas disebutkan dalam UUD 1945 dapat diubah oleh presiden. Pemisahan, penggabungan, dan pembubaran kementerian tersebut dilakukan dengan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kecuali untuk pembubaran kementerian yang menangani urusan agama, hukum, keamanan, dan keuangan harus dengan persetujuan DPR.

Landasan Hukum

Landasan hukum kementerian adalah UUD 1945 pada Bab V Pasal 17 yang menyebutkan bahwa:
1. Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara.
2. Menteri-menteri itu diangkat dan diperhentikan oleh Presiden.
3. Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan.
4. Pembentukan, pengubahan, dan pembubaran kementerian negara diatur dalam undang-undang.

Selanjutnya, kementerian diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara.

Website Kementerian RI

Setiap kementerian membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan. Berdasarkan Perpres No. 47 Tahun 2009, kementerian-kementerian tersebut yaitu:

Selain kementerian negara, silahkan juga dilihat daftar alamat situs penting lainnya seperti BPK, MPR, DPR RI, Mahkamah Agung, KPK, Komisi Yudisial, Mahkamah Konstitusi, termasuk website Presiden dan Ibu Negara pada halaman lembaga tinggi negara.