Inti Kurikulum 2013

Inti dari Kurikulum 2013 - metode yang digunakan


kurikulum 2013

Inti Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

Metode tematik integratif berarti materi ajar tidak disampaikan berdasarkan mata pelajaran tertentu, melainkan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran.

Motede Tematik Integratif

Metode ini sebenarnya sudah diterapkan di banyak sekolah. Karena dinilai berhasil, pemerintah lalu mengadopsi dan berencana menerapkannya secara nasional.

kurikulum baru

"Metode ini bukan sesuatu yang baru," kata bapak Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, saat melakukan uji publik Pengembangan Kurikulum 2013, Sabtu (8/12/2012), di kampus Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Uji publik yang dimaksud adalah tahapan ketiga pada Tahap-tahap Pengembangan Kurikulum 2013.

Metode kurikulum tematik integratif ini sebenarnya sudah diterapkan di banyak sekolah dan dinilai berhasil. Oleh karena itu pemerintah lalu mengadopsi dan berencana menerapkannya secara nasional.