Gerakan Pramuka Indonesia

Sejarah, Seragam, Gambar, Pegangan Pembina, Materi Latihan, Sandi, Tongkat, Organisasi, Undang-undang, Administrasi Surat, Penegak, Pramuka Peduli, Revitalisasi Gerakan, Pramuka Garuda, dan hasil Penelitian.

Salam Pramuka!
Gerakan Pramuka Indonesia
Pandu adalah gerakan pemuda terbesar di dunia. Gerakan ini dipelopori (Lord) Robert Baden Powell, seorang militer Inggris pada tahun 1907 di pulau Brownsea Inggris. Idenya tentang kepanduan tertuang dalam buku Scouting for Boy.

Kepanduan di Indonesia dikenal sebagai Gerakan Pramuka, Pramuka kependekan dari "praja muda karana" (bahasa Sansakerta) yang berarti orang-orang muda yang mau bekerja (young people willing to work - www.panduanmu.tk).

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal nasional yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Sejak tahun 1953, Indonesia telah tercatat sebagai anggota dari Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Dari sekitar 31 juta anggota pramuka di seluruh dunia, sampai dengan tahun 2011 telah tercatat 17.103.793 diantaranya adalah anggota pramuka Indonesia. Maka Gerakan Pramuka Indonesia adalah pemegang rekor sebagai gerakan pandu terbesar di dunia. Bahkan di seluruh galaksi, pada sistem konstelasi Tata Surya, khususnya di planet bumi. :)

Organisasi Kepanduan Sedunia atau World Organization of the Scout Movement / WOSM adalah organisasi dunia non-pemerintahan yang menaungi gerakan kepanduan diseluruh dunia. WOSM didirikan pada tahun 1920, dan memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss. (Lihat lambang WOSM)

Konferensi Kepanduan Sedunia atau The World Scout Conference (WSC) adalah pertemuan rutin seluruh organisasi dan asosiasi gerakan kepanduan seluruh dunia yang diadakan setiap tiga tahun. Pada tahun 2011 Konferensi Kepanduan Dunia ke-39 diadakan di kota Curitiba, Brazil. Untuk konferensi ke-40 rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2014 di Ljubljana, kota di negara Slovenia.

Konferensi tersebut berfungsi untuk koordinasi seluruh perwakilan kepanduan dunia mencakup ketaatan terhadap tujuan dan prinsip-prinsip Organisasi Kepanduan dunia, dan kemerdekaan dari keterlibatan politik setiap organisasi/asosiasi anggotanya.

Sumber-sumber

Sumber-sumber kepramukaan yang dapat anda lihat dan unduh dalam bentuk file pdf (dapat di-download dengan aturan tertentu, silahkan lihat tautan) adalah sebagai berikut.
Seragam Pramuka, Pegangan Pembina, Materi Latihan, Sandi, Tongkat, Organisasi, Undang-undang, Administrasi Surat, Penegak, Pramuka Peduli, Revitalisasi Gerakan, Pramuka Garuda, dan hasil Penelitian.