Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Formasi Khusus Seleksi CPNS 2014

Formasi Khusus Seleksi CPNS 2014

Undangan Formasi Khusus Seleksi CPNS 2014 - bagi pelamar berprestasi, atlet dan pelatih, penyandang disabilitas, guru pengajar, dan pelamar dari Papua


PAN-RB - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) rencananya akan membuat alokasi formasi khusus untuk pelamar CPNS kategori khusus pada seleksi CPNS tahun anggaran 2014 yang akan ditetapkan melalui Permen (Peraturan Menteri) PAN-RB.

Alokasi formasi khusus tersebut adalah bagian dari total kuota perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjumlah 100 ribu kursi yang terbagi menjadi 65 ribu kursi CPNS dan 35 ribu kursi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).
formasi khusus CPNS 2014

alokasi formasi istimewa

Formasi khusus Seleksi CPNS 2014 akan diberikan kepada para pelamar yang istimewa dari segi kualitas berbagai standar misalnya standar akademik, standar prestasi, dan sebagainya.

Pada pelaksanaanya, para pelamar istimewa tersebut akan mendapat undangan khusus semacam prioritas utama untuk mengikuti tes CPNS.

Prioritas istimewa lainnya yang juga akan didapatkan oleh pelamar Formasi Khusus CPNS. Mereka akan mendapatkan bentuk tes seleksi CPNS yang hanya seputar wawasan kebangsaan dan perilaku saja yang tentunya berbeda dengan jenis tes bagi pelamar CPNS pada umumnya.

trik penjaringan

Ini samasekali bukan diskriminatif atau pilih kasih. Ini adalah salah satu trik panitia seleksi CPNS dalam merekrut para calon abdi negara yang berkualitas agar tidak didahului oleh lembaga swasta.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya penjaringan generasi-generasi berprestasi melalui kursi CPNS. Lihat saja yang sudah lama berlaku pada para mahasiswa berprestasi dari kampus-kampus ternama negeri ini, mereka sudah direkrut oleh lembaga atau perusahaan swasta atau asing bahkan jauh sebelum mereka dinyatakan lulus. Pada akhirnya, kursi CPNS dikhawatirkan hanya akan diisi oleh sisa-sisa dari SDM unggul tersebut.

formasi khusus olahragawan

Formasi khusus CPNS 2014 akan diberikan bagi para atlet dan pelatih olahraga. Atlet yang berprestasi dan pelatih profesional yang bersertifikat pada bidangnya akan mendapatkan prioritas ini atas kerjasama PAN-RB dengan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga).

formasi khusus Pelamar Papua

Alokasi atau formasi CPNS khusus juga diberikan kepada putra-putri dari Papua dan Papua Barat dalam bentuk afirmasi. Skema pengalokasian ini sebenarnya sudah dilaksanakan pada tes-tes CPNS sebelumnya. Secara teknis, setiap instansi wajib menyediakan sejumlah kursi yang khusus akan diisi oleh para pelamar dari dua provinsi tertimur tersebut.

Putra-putri Papua dan Papua Barat tersebut diharapkan dapat menjadi agen perubahan di tempatnya masing-masing setelah mendapatkan pengalaman bekerja sebagai CPNS di instansi pusat dalam konteks afirmasi ini.

formasi khusus pelamar disabilitas

Alokasi formasi khusus untuk para pelamar disabilitas juga kembali diberikan pada seleksi CPNS 2014 atas kerjasama PAN-RB dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

Kursi CPNS seperti operator komputer, call center agent, pranata humas, penyuluh sosial, dan pekerja sosial lainnya dapat ditempati oleh pelamar disabilitas melalui instansi terkait.

formasi khusus guru

Formasi khusus ini ditujukan bukan untuk semua guru tetapi hanya bagi pengajar peserta program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T). Para guru peserta program ini bisa diangkat langsung menjadi guru CPNS, asalkan tetap mengajar di sekolah penempatan saat ini. Ada ketentuan bahwa setelah para sarjana tersebut diangkat menjadi pegawai negeri, mereka tidak boleh pindah mengajar misalnya ke pusat kabupaten atau bahkan kembali ke kampung halamannya sekalipun. Mereka mengemban tugas bekerja di tempatnya mereka mulai mengabdi. (repro/jpnn)