Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Buku Siswa dan Guru Agama Hindu SMP Kelas 7

Buku Siswa dan Guru Agama Hindu SMP Kelas 7

Buku panduan guru dan buku siswa kelas 7 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013


Agama Hindu dalam Pendidikan

Agama sebagai kompas hidup dan kehidupan merupakan pendamping kemampuan keilmuan yang memiliki karakteristik berupa:

  1. objek yang berupa perilaku atau susila untuk membangun pola pikir, tata wicara dan perbuatan, dan pola-pola perilaku diaplikasikan dalam mengarungi dan mengisi hidup sebagai manusia;
  2. sistem berdaya guna dalam upaya menata tata laku menyikapi kehidupan sosial masyarakat, bangsa dan bernegara; dan
  3. sifat integritas yang menjadi ciri khas tujuan pembelajaran pendidikan agama.

Pendidikan agama Hindu Kurikulum 2013

Agama yang juga disebut dengan Dharma merupakan sesuatu yang langgeng, memuat kebenaran, memiliki 3 dimensi ruang dan waktu, yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang (athita, nagatha an warthamana).

Keterkaitan antara penguasaan agama dengan keilmuan, keunggulan, dan kelangsungan hidup suatu peradaban. Penguasaan agama tidak cukup hanya dimiliki oleh sebagian orang dalam suatu peradaban. Setiap individu perlu memiliki penguasaan agama pada tingkat tertentu.

Penguasaan secara individual yang demikian pada dasarnya bukanlah penguasaan terhadap agama sebagai ilmu, melainkan penguasaan akan kecakapan agama (religion literacy) yang diperlukan untuk dapat memberikan penguatan tentang kecintaan, kepedulian, dan memberikan kontribusi di lingkungan sekitar serta untuk keberhasilan dalam kehidupan atau karirnya. Kecakapan agama yang ditumbuhkan pada peserta didik merupakan sumbangan mata pelajaran agama kepada pencapaian pembangunan spiritual dan kasih yang ingin dicapai peserta didik melalui kurikulum agama.

Mata pelajaran agama bertujuan agar peserta didik memiliki standar minimal diantaranya memiliki kitab suci (Veda). Kitab suci merupakan sumber ajaran kebenaran yang wajib dilaksanakan oleh manusia sehingga perlu dipahami, dilaksanakan, dihayati, dan diamalkan oleh seluruh umat manusia tanpa kecuali (MDS: XVI-18).

(dari pengantar Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 - kurtilas)

download

Pemerintah melalui kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan buku-buku pendidikan agama yang telah disusun sesuai dengan kurikulum 2013.

Anda dapat mengunduh buku siswa dan buku panduan guru Pendidikan Agama Hindu untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kurikulum 2013 pada tautan di bawah.
http://bse.mahoni.com/data/Kurikulum%202013/Kelas_07_SMP_Agama_Hindu_Guru.pdf
Buku Guru Pend. Agama Hindu Kelas 7
Buku Siswa Pend. Agama Hindu Kelas 7