Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: PORTAL NASIONAL CPNS 2014 | Demo Pendaftaran Panselnas

PORTAL NASIONAL CPNS 2014 | Demo Pendaftaran Panselnas

Pendaftaran Seleksi CPNS 2014 - Paniti Seleksi Nasional - Demo / Ujicoba Pendaftaran


Halaman demo pendaftaran Seleksi CPNS 2014 dapat anda akses melalui tautan: http://panselnas.menpan.go.id/demo/ kurang lebih seperti gambar berikut.

halaman pendaftaran CPNS 2014

Bagian Halaman Muka


1. UJIAN DENGAN C.A.T.: Seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional dilaksankan dengan ujian/test menggunakan C.A.T. (Computer Assisted Test). Info dapat dibaca di Situs Web Kemenpan & RB (http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1513)

2. PERSYARATAN UMUM: WNI berusia 17 s/d 35 tahun, memiliki KTP yang berlaku, berbadan sehat jasmani dan rohani, serta memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan formasi yang dimininati.

3. ALAMAT E-MAIL: Seleksi Penerimaan CPNS 2014 hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di Portal ini dimana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

4. ISI DATA DENGAN AKURAT: Semua informasi/jati diri yang diisikan ke formulir pendaftaran disini harus akurat dan benar untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau merugikan pihak lain serta kemungkinan adanya konsekwensi hukum yang dapat terjadi dikemudian hari. Peserta yang sah hanya berhak mempunyai 1 (satu) kali kesempatan pendaftaran.

5. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN : Terdapat persyaratan khusus/tambahan pada lowongan formasi dari instansi-instansi tertentu. Harap membacanya dengan teliti.

6. CERMAT dan TELITI : Harap mencermati setiap keterangan/instruksi/pemberitahuan/peringatan yang muncul di halaman-halaman selanjutnya di sini.

7. GRATIS : Proses Penerimaan CPNS tidak dipungut biaya sepeserpun sejak dari pendaftaran s/d pengumuman hasil akhir.


Bagian Alur Pendaftaran

alur pendaftaran CPNS

Adapun alur alur pendaftaran CPNS secara online adalah sebagai berikut:


  1. Buka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Lakukan ini pada saat pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.


Bagian Formasi CPNS 2014

Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga) dan formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. - ini contoh
A. Formasi Pusat terdiri atas 68 (enam puluh delapan) Kementerian/Lembaga.
No Kementerian / Lembaga Jumlah
Formasi
1 Kementerian Koordinator - 3 (tiga) kementerian 87
2 Kementerian - 27 (dua puluh tujuh) kementerian. 18,253
3 Lembaga Pemerintah Non Kementerian - 28 (dua puluh delapan) 4,783
lembaga
4 Lembaga Negara - 2 (dua) lembaga & Sekretariat Lembaga Negara - 1,805
terdiri atas 8 (delapan) lembaga
TOTAL 24,928
B.Formasi Daerah terdiri atas 400 (empat ratus) instansi, yaitu 28 (dua puluh delapan) Pemerintah Provinsi dan 455 (empat ratus lima puluh lima) Pemerintah Kabupaten/Kota.
No WILAYAH Jumlah
Formasi
1 Pulau Sumatera dan sekitarnya - 10 (sepuluh) provinsi 11,347
2 Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara - 9 (sembilan) provinsi 8,376
3 Pulau Kalimantan - 5 (lima) provinsi 6,644
4 Pulau Sulawesi - 6 (enam) provinsi 4,920
5 Kep. Maluku dan Papua - 4 (empat) provinsi 7,537
TOTAL 38,824

Bagian Kontak

Alamat Pengelola:

Gedung Kantor Kemenpan & RB, Lantai 5, Ruang LJK

Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia.
BUKU TAMU - Guestbook

Pendaftaran CPNS


menpan.go.id/

bkn.go.id