Google Rayakan Hari Batik Nasional: Bagaimana dengan anda?

google doodle hari batik nasional
Hari ini, Kamis 2 Oktober 2014, Google memasang doodle (gambar unik yang terdapat pada halaman muka Google) khusus batik pada National Batik Day. Silahkan kunjungi saja mesin pencarinya. Terlihat logo Google digantikan oleh gambar enam anggota keluarga Indonesia yang mengenakan baju batik tepat dengan peringatan hari batik nasional yang kelima sebagai peringatan dalam mengenang ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

panduan - wikipedia | Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Batik telah ditetapkan sebagai sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada 2 Oktober 2009 lalu. Negara Indonesia pun sejak tahun 2009 telah merayakan 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden RI No. 33/2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menetapkan tanggal tersebut sebagai hari peringatan diakuinya batik sebagai warisan kebudayaan dunia.

Sekalipun dalam sejarahnya, tradisi pembuatan batik memang bukan hanya milik Indonesia. Kita bisa melihat jejak batik dalam tradisi yang terdapat di negara-negara lainya seperti India, Malaysia,  Nigeria, China, Filipina, dan Sri Lanka. Namun, batik Indonesia tentunya yang paling populer dan dikenal di seluruh dunia.

Sudahkah Anda mengenakan batik hari ini?