Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: 4 Alasan Menyontek

4 Alasan Menyontek

Alasan penyebab siswa menyontek. Beberapa faktor pendorong untuk bersikap tidak jujur, curang, cheating di ruang kelas. Pendorong internal dan eksternal


Jujur adalah salah satu sikap yang sangat penting terutama dalam kehidupan pendidikan. Sedikit sekali siswa-siswi yang bisa bersikap jujur karena untuk menjalani sikap jujur tidaklah mudah dan selalu banyak halangannya. Salah satunya ketika para siswa menghadapi ujian atau ulangan. Saat iru mereka seharusnya jujur dengan ujiannya, akan tetapi masih ada saja siswa yang berlaku curang alias menyontek. Ya, menyontek sudah menjadi salah satu virus yang menyebar di ujian-ujian atau ulangan sekolah. Virus yang menular dan ketika terjangkit maka kebiasan menyontek dapat menjadi candu yang tidak mudah untuk menghilangkannya.
4 Alasan Menyontek

Ada beberapa alasan yang dapat menjadi faktor pendorong contek-menyontek, diantaranya yaitu :

Menyontek karena ingin dikatakan "hebat"

Apa gunanya menyontek jika alasanya hanya karena ingin dikatakan "hebat". Banyak orang tahu bahwa orang tersebut adalah orang hebat, akan tetapi dia tidak bisa membohongi hatinya bahwa dia seorang pecundang sejati.

Menyontek karena ingin mendapatkan nilai yang baik dengan menggunakan cara "instan"

Tanpa belajar tapi mendapatkan nilai yang terbaik! Inilah yang diinginkan para siswa-siswi yang hobinya menyontek. Mereka berpikiran bahwa kenapa harus susah-susah belajar jika hasilnya mendapatkan nilai yang tidak baik.

Menyontek karena malas untuk belajar

Salah satu ciri malas belajar adalah mereka yang selalu menjiplak - copy-paste tugas dari temannya. Mereka tidak tahu perjuangan temannya dalam mengerjakan tugas, akan tetapi mereka berpikiran yang penting tugas mereka beres tanpa harus belajar juga.

Menyontek karena tuntutan dari orang tua

Jaman sekarang yang orang tua inginkan adalah putra-putri mereka masuk jurusan yang terlihat keren karena beda dari yang lain, akan tetapi putra-putri tersebut tidak mampu masuk ke jurusannya itu. Demi orang tua bahagia putra-putri melakukan cara yang instan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Sebuah hasil itu memang sangatlah penting, akan tetapi sebuah proses itu lebih penting.

Sebuah pencapaian yang baik dihasilkan dari suatu proses yang baik pula. Proses inilah yang akan menjadi menguntai cerita di masa depan.

Kelak jika seseorang dikatakan sukses maka orang lain akan menilai dengan mencari tahu, ada cerita apa di balik kesuksesannya itu. Apakah itu hasil dari perjuanggannya yang jujur atau sebaliknya.

Dalam dunia pendidikan, belajar inilah yang dikatakan proses. Jika pada proses belajar itu dilakukan dengan cara yang "tidak baik", maka bisa jadi hasil dari belajar itupun akan tidak baik pula.

Mari kita belajar, karena belajar merupakan salah satu tugas seorang manusia agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Ilmu tersebut akan benar-benar bermanfaat jika kita kita jujur dalam mempelajarinya. Semoga bermanfaat artikel ini ^_^

sumber: http://4l-andian .blogspot.co.id/2011/07/faktor-penyebab-menyontek.html