Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: sergur

sergur


Detil Peserta

Tap Peserta

Kisi-kisi


Penetapan Calon Peserta Sertifikasi Guru 2016

Berikut ini adalah informasi mengenai penetapan calon peserta sertifikasi guru untuk tahun 2016.

Pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2016 dilaksanakan melalui pola PLPG dengan bidang sertifikasi mengacu pada mata pelajaran pada UKG 2015. Beberapa hal penting untuk calon peserta adalah sebagai berikut:
  • Buku 1. Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016 (klik Tap Peserta)
  • Daftar Peserta atau Calon Peserta (klik Detil Peserta)
  • Kisi-kisi Materi PLPG 2016 (klik Kisi-kisi)

Tahap verifikasi calon peserta telah berakhir pada 15 Mei 2016 yang kemudian dilanjutkan dengan tahap:
  • Verifikasi berkas di LPMP untuk persetujuan dokumen A1.
  • Penentuan kuota peserta sertifikasi guru 2016. Prioritas penetapan kuota : TMT guru sebelum 31 Desember 2005, TMT guru mulai 31 Desember 2005, skor UKG 2015, usia, dan masa kerja. Kuota nasional tahun 2016 sebanyak 68,992 peserta dan 267 peserta dari SILN
  • Pencetakan dokumen A1.
  • Penentuan tempat pelaksanaan PLPG di LPTK yang sudah ditetapkan. LPTK pelaksana PLPG dapat dilihat dilaman detil peserta.

Guru yang terdaftar dalam sebagai peserta sertifikasi dengan moda Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 dapat memeriksa statusnya melalui laman sergur.kemdiknas.go.id. Pada laman tersebut dapat dilihat pula kode Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang bertindak sebagai penyelenggara proses kegiatan sertifikasi guru atau lokasi PLPG, dan ini akan berbeda untuk setiap guru karena disesuaikan dengan bidang studi sertifikasinya.

Jadwal pelaksanaan PLPG 2016 telah disusun oleh Perguruan Tinggi atau LPTK penyelenggara sertifikasi guru dengan membagi peserta ke dalam beberapa gelombang pelatihan mulai Oktober 2016. Untuk mengetahui jadwal pelaksanaan PLPG per kabupaten atau kota, LPTK telah menyediakan informasinya di situs jejaring atau website masing-masing rayon.

Guru yang dipanggil akan mengikuti 90 jam pembelajaran pelatihan dalam waktu 10 hari dengn materi seputar kegiatan mengajar. Materi-tersebut di antaranya adalah pembuatan silabus, RPP, pelaksanaan presentasi, penugasan dalam bentuk penyusunan makalah, serta diskusi kelas.