Rentang usia untuk anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sedangkan menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
- Infant (0-1 tahun)
- Toddler (2-3 tahun)
- Preschool Kindergarten children (3-6 tahun)
- Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
- Taman Kanak-kanak (TK)
- Raudatul Athfal (RA)
- Bustanul Athfal (BA)
- Kelompok Bermain (KB)
- Taman Penitipan Anak (TPA)
- Satuan PAUD Sejenis (SPS)
- Sekolah Dasar Kelas Awal (kelas 1,2,3)
- Bina Keluarga Balita
- Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
- Keluarga
- Lingkungan
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Kompetensi guru bagi anak usia dini tentu harus teruji dan dapat diandalkan mengingat pertumbuhan dan perkembangan anak memerlukan penanganan yang sungguh-sungguh dan profesional.
Salah satu cara untuk mengukur kompetensi adalah dengan melakukan tes kompetensi guru TK/PAUD. Sebagai latihan, kali ini kami bagikan soal Tes Kompetensi bagi Guru TK atau PAUD.
Contoh Soal
Berikut ini adalah beberapa contoh soal dari 100 soal tes yang akan dibagikan tersebut.Soal Nomor 61 Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan A. anak mampu berguling kemudian tengkurap B. anak tumbuh gigi C. anak mampu berlari D. anak memainkan lidah dan meraban Soal Nomor 62 Berikut ini adalah contoh implementasi dari tugas perkembangan KECUALI A. anak mencapai berat tubuh ideal B. mengucap salam dengan baik C. anak belajar mengunyah makanan D. anak memegang pensil dengan baik Soal Nomor 94 Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai A. Pengaturan (regulation) B. Komunikasi (communication) C. Kelangsungan hidup (survival) D. Penyesuaian diri (adaptation) Soal Nomor 95 Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak A. Faktor keturunan dan lingkungan B. Faktor bawaan dan pendidikan C. Faktor kematangan dan belajar D. Faktor intelektual dan sosial
Download Soal
Silahkan lihat, cetak atau unduh.100 Soal Tes UKG GURU TK RA PAUD