Kesopanan, kemurahan hati, kesetiaan, ketekunan, dan kebaikan hati. Bila kamu berlaku sopan, kamu tidak akan dihina; bila kamu murah hati kamu akan memenangkan orang banyak; bila kamu setia, orang lain akan mempercayaimu; bila kamu tekun, kamu akan berhasil; dan bila kamu baik hati, kamu akan memimpin orang lain.” (A 17.6)
Lima hal diatas di dalam ajaran Khonghucu dikenal sebagai Wu Chang (lima sifat kekekalan/mulia). Kongzi menegaskan bahwa siapa dapat memasukkan Wu Chang ke dalam kebiasaan di mana pun di bawah langit akan menjadi orang yang berbudi luhur.
Wu Chang hanyalah salah satu nilai budi pekerti dalam ajaran Khonghucu disamping Wu Lun (lima hubungan sosial), dan Ba De (delapan kebajikan).
Belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah serta mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan peserta didik berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.
Pembelajaran agama diharapkan tak hanya menambah wawasan keagamaan, tapi juga mengasah “keterampilan beragama” dan mewujudkan sikap beragama peserta didik. Tentu saja sikap, beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sesama dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti yang luhur, antara lain: kesantunan dalam berinteraksi, kejujuran, kasih sayang, kebersihan, kedisiplinan, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.
KIKD
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar(KD) Pendidikan Agama Khonghucu Siswa SMP kelas 7Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Meyakini ajaran Khonghucu adalah wahyu Tian yang diturunkan melalui para nabi 1.2 Meyakini ajaran agama sebagai pembimbing hidup menempuh Jalan Suci. 1.3 Meyakini nabi Kongzi sebagai Mu Duo Tian (Tian Zi Mu Duo). Kompetensi Inti 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Kompetensi Dasar 2.1 Menghayati makna dan nilai-nilai agama bagi kehidupan manusia 2.2 Mengyati nilai-nilai sejarah masuknya agama Khonghucu ke Indonesia 2.3 Menghayati ayat yang terdapat dalam Kitab Zhong Yong Bab Utama pasal ke-1 dan Kitab Da Xue Bab Utama pasal ke-1 sebagai landasan keimanan 2.4 Menunjukkan semangat melaksanakan kebajikan sesuai dengan tuntunan keimanan yang pokok 2.5 Menghayati sikap dan perilaku hati-hati, sungguh-sungguh, rendah hati, sederhana dan suka mengalah Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Kompetensi Dasar 3.1 Menjelaskan definisi, makna, fungsi, dan tujuan pengajaran agama 3.2 Menjelaskan sejarah asal mula dan perkembangan, agama Khonghucu di Indonesia 3.3 Menceritakan hikayat suci Nabi Kongzi 3.4 Menjelaskan perjalanan Nabi Kongzi sebagai Mu Duo Tian 3.5 Memahami keimanan yang pokok 3.6 Mengenal tempat-tempat ibadah agama Khonghucu 3.7 Memahami pentingnya sikap Hati-hati, sungguh-sungguh, rendah hati, sederhana, dan suka mengalah Kompetensi Inti 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Kompetensi Dasar 4.1 Mencari fakta-fakta, berita, informasi yang menjelaskan pentingnya memahami makna, fungsi, dan tujuan pengajaran agama. 4.2 Membuat bagan sejarah asal mula agama Khonghucu dan perkembangannya di Indonesia 4.3 Mendiskusikan sikap dan perilaku Nabi Kongzi untuk menerapkan dalam kehidupan saat ini. 4.4 Membuat peta dan rangkuman sikap dan kebijaksaan Nabi Kongzi dalam pengembaraan-nya sebagai Mu Duo (Tian Zi Mu Duo) 4.5 Mempraktekkan Pengakuan Iman Yang Pokok (Chen Xin Zhi Zhi) dalam perilaku sehari-hari. 4.6 Mencari informasi mengenai tempat ibadah agama Khonghucu di Kong Miao TMII 4.7 Mempraktekan perilaku hati-hati, sungguh-sungguh, rendah hati, sederhana, dan suka mengalah
download
Softcopy buku cetak paket Kurikulum 2013 untuk pendidikan Agama Khonghucu Kelas 7 SMP dapat anda unduh melalui tautan berikut ini.Buku Guru Pend. Agama Khonghucu SMP Kelas 7
Buku Siswa Pend. Agama Khonghucu SMP Kelas 7