Aplikasi Latihan Soal UKG

Unduh aplikasi latihan soal UKG - Info materi TK SD SMP - Uji Kompetensi Guru
Uji Kompetensi Guru


Uji kompetensi guru (UKG) pelaksanaannya wajib bagi guru.

verivikasi data guru

Proses menjelang kegiatan tersebut, yaitu verifikasi data guru, telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) hingga 23 Oktober. Data calon peserta uji kompetensi guru sebenarnya sudah tersedia di aplikasi UKG verifikasi data melalui Dinas Pendidikan kabupaten/kota harus tetap dilakukan oleh guru. Melalui verifikasi inilah ditentukan tempat uji kompetensi dan penetapan waktu ujian masing-masing guru.

Jika guru mempunyai data yang harus di-update, pembaruan data dapat dilakukan melalui operator di Dinas Pendidikan yang selanjutnya akan diteruskan sebagai data input ke pusat uji kompetensi agar dapat diakses oleh pusat (Kemendikbud).

2,9 juta guru akan menjadi peserta uji kompetensi kali ini. Jumlah tersebut hanya sebagian dari jumlah guru total 3.015.315 guru. Sisa dari jumlah total guru tersebut melaksanakan Uji Kompetensi Guru di bawah kendali Kementerian Agama (depag).

UKG akan dilaksanakan baik secara online maupun offline. Untuk keperluan tersebut, Kemendikbud sudah menyiapkan sebanyak 200 paket soal untuk sekitar 200 mata pelajaran program keahlian. Pada saat pelaksanaannya, setiap guru akan melakukan uji kompetensi selama 120 menit (hanya satu hari) dengan menjawab sekitar 60-100 soal dalam bentuk pilihan ganda.‎

Pengaruh UKG terhadap TPG

UKG tidak akan mempengaruhi TPG (Tunjangan Profesi Guru). Walaupun ada batasan nilai minimal yaitu 5,5 namun pelaksanaan UKG hanya untuk pemetaan saja. Walaupun demikian untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut, guru tetap dituntut untuk mempersiapkan diri misalnya dengan cara mempelajari rancangan soal atau kisi-kisi soal UKG. Selain itu, Kemendikbud juga memberi kesempatan uji coba bagi guru yang belum mahir menggunakan komputer. Waktu uji coba UKG dapat dilakukan sebelum hari pelaksanaan ujian atau sesaat pada hari pelaksanaan ujian. Latihan Ujian UKG ini tentu saja akan sangat membantu para guru.

Menjelang UKG, sebagai sosialisasi dan latihan bagi calon peserta UKG. Kami, dari Panduanmu, membagikan beberapa contoh soal latihan UKG dalam bentuk simulasi Ujian yang dapat Anda unduh secara gratis.

download aplikasi UKG

Aplikasi berikut ini berdasarkan materi yang akan diujikan dalam UKG pada bulan November mendatang. Materi tersebut terdiri atas kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah kompetensi unik. Kompetensi inilah yang dapat membedakan antara profesi guru dengan profesi lainnya. Selanjutnya kompetensi profesional, isi materinya meliputi penguasaan materi, struktur materi, serta konsep dan pola pikir keilmuan yang tentunya harus mendukung mata pelajaran yang diampu atau dipegang oleh guru.

Aplikasi Latihan UKG berikut ini silahkan Anda Download. Semoga dapat membantu Anda.

Aplikasi Latihan UKG 1
Aplikasi Latihan UKG 2
Aplikasi Latihan UKG 3
Aplikasi Latihan UKG 4 (TK - PAUD)
Kumpulan Soal UKG Guru SD