Pengertian, penyebab, dan tujuan disiplin di Sekolah

melatih hati dan watak dengan berperilaku patuh


Arti Disiplin Dan Cara Menerapkannya – Disiplin adalah cerminan kehidupan masyarakat bangsa dan negara. Sikap disiplin akan terlihat ketika kita sedang berada di tempat umum atau khusus. Akan lebih khusus jika berada di lingkungan sekolah karena ada banyak peraturan-peraturan yang dilanggar oleh siswa karena yang kurang mematuhi peraturan tersebut.

Johar Permana dalam nursisto (1986:14) mengatakan bahwa disiplin adalah buah dari suatu proses dan rangkaian nilai dari perilaku patuh, taat, teratur, setia, dan tertib.
disiplin discipline

Disiplin siswa disekolah


Seorang siswa ketika sedang berada di lingkungan sekolah artinya siswa tersebut harus benar-benar mematuhi peraturan sesuai peraturan yang berlaku. Ketaatan dan kepatuhan siswa terhadap berbagai tata tertib dan aturan yang berlaku itu disebut dengan disiplin siswa. Disiplin sekolah merupakan suatu usaha untuk mengajarkan siswa agar sikapnya tidak menyimpang serta dapat memajukan siswa untuk bertingkah laku sesuai dengan norma yang berlaku disekolahnya.

Tujuan disiplin sekolah menurut Maman Ranchman (1999:83) yaitu (1) membantu siswa agar dapat bertingkah laku dengan baik dan benar, (2) memberi dukungan kepada siswa yang disiplin/perilakunya tidak menyimpang,(3) dapat melaksanakan proses belajar dengan kondisi atau kebiasaan yang benar dan dapat memberi manfaat terhadap lingkungannya, dan (4) memberikan dorongan kepada siswa agar mampu menyesuaikan dirinya serta memahami lingkungan, termasuk menjauhi hal yang menjadi larangan di sekolah.

Seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang baik serta nyaman mau di lingkungan kelas atau pun lingkungan sekolah. Jika seorang guru tidak mampu untuk menciptakan suasana yang nyaman maka guru tersebut akan merasa kurang termotivasi. Akibatnya proses belajar pun kurang kondusif dan tidak akan dapat mendorong prestasi belajar siswa.

penyebab siswa tidak disiplin

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan siswa tidak disiplin menurut Brown dan Brown (1973:115) yaitu :
  • Perilaku tidak disiplin yang disebabkan karena suasana sekolah yang kurang menyenangkan serta kurang disiplin
  • Perilaku tidak disiplin yang disebabkan sikap pengajar atau guru
  • Perilaku tidak disiplin yang disebabkan diri siswa sendiri, misalnya karena sibuk membantu pekerjaan orangtua
  • Perilaku tidak disiplin yang disebabkan kurikulum yang kurang fleksibel, terlalu kaku dan lain sebagainya.

Berhubungan dengan hal-hal di atas, guru harus mampu mengembangkan rasa disiplin siswa terutama pada diri sendiri seperti menegmbangkan pola pikir siswa dengan pelaksanaan aturan atau tata tertib sebagai alatnya, dan mendorong siswa agar mampu meningkatkan standar perilakunya.

pembiasaan disiplin siswa


Sikap disiplin itu dalam praktiknya adalah melatih hati dan watak dengan tujuan agar segala perbuatannya selalu patuh terhadap tata tertib yang berlaku. Disiplin siswa bertujuan untuk membantu siswa agar mampu menyesuaikan diri serta memahami dengan tuntutan lingkungan.

Proses pembiasaan disiplin di sekolah tentunya akan berhubungan dengan kehidupan siswa dimasa yang akan datang dalam konteks yang positif.

sumber: http://javafardyanz.blogspot.co/2012/03/pengertian-disiplin-dan-penerapannya.html