Contoh Soal OSN Matematika SMP

Soal Olimpiade Sains Nasional bagi para guru pembimbing OSN siswa bidang kompetensi Matematika.
download soal OSN

1. Ibu Afita akan menilai kemampuan siswa dalam menerapkan konsep volume kerucut dan volume tabung pada suatu permasalahan di matematika. Untuk menilai itu lbu Afita membuat soal sebagai berikut.

Tentukan volume kerucut kecil yang berada di atas tutup tabung seperti yang terlihat pada gambar apabila diketahui jari-jari alas tabung 72 cm, tinggi tabung 16 cm dan tinggi kerucut 22 cm.

Oleh karena penilaian akan dilakukan sambil Ibu Afita membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah itu, ia perlu mengetahui panduan penilaian yang praktis dan sederhana.

Apa yang menjadi kemampuan kunci (penentu kebenaran secara keseluruhan) yang dilakukan siswa agar berhasil dalam menyelesaikan persoalan tersebut?


2. lbu Bertha sedang menyusun rencana pembelajaran matematika tentang mencari luas segitiga dengan rumus Heron atau yang dikenal dengan rumus s.

Agar siswa lebih memahami mengapa diperlukan rumus ini dalam menghitung luas suatu segitiga, Ibu Bertha akan memanfaatkan materi sebelumnya yang dapat menjembatani ke pemahaman tersebut.

Persoalan apakah dalam materi sebelumnya itu dapat mengantarkan pemahaman diperkenalkannya rumus s dalam mencari luas suatu segitiga?


3......

Unduh (download) Contoh Soal OSN Guru mata pelajaran Matematika bagi guru di jenjang pendidikan SMP 5,6 MB dalam format file PDF 5,6 MB

Soal OSN Matematika SMP