Tes Seleksi CPNS 2014 - Online

Info Pendaftaran CPNS, pelaksanaan tes, dan sistem seleksi CAT pada Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2014.

TES CPNS CAT
Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akan mulai dilaksanakan minggu ketiga Juli 2014 dilanjutkan dengan pelaksanaan tes pada minggu pertama bulan Agustus 2014 (tes kompetensi dasar).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang menggelar seluruh tes seleksi PNS tersebut akan mengalihkan sistem seleksi menjadi sistem terkomputerisasi atau sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sistem pengisian lembar tes yang semula menggunakan kertas jawaban dan pensil nantinya akan menggunakan perangkat komputer.

Lembar Jawaban Komputer yang sebelumnya digunakan memang menggunakan fasilitas komputer juga. Namun prose pengisian jawaban dan pemeriksaan (melalui scanning) dapat dikatakan masih konvensional.

Kelebihan Sistem Seleksi melalui CAT

Pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem CAT memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

Sistem Pendaftaran Online, peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet,
Live Scoring, hasil ujian dapat langsung diketahui sesaat setelah ujian selesai
Objective, penilaian terhadap jawaban test dilakukan secara obyektif
Standar Hasil, adanya standarisasi hasil ujian
Proses pemeriksaan, Penilaian dan Pelaporan hasil ujian lebih cepat
Sistem Pengawasan, jumlah pengawas ujian tidak terlalu banyak

Dengan digunakannya sistem ini, anggaran pemerintah pada pelaksanaan ujian dapat dikurangi dengan penghematan pengadaan sekitar 6 kertas ujian.

lowongan kerja di pemerintahan

Pemerintah segera membuka lowongan untuk 100 ribu formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini, yang terdiri atas 65 ribu CPNS, dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Rencananya pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry akan dilakukan pada minggu ketiga Juli 2014, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai Agustus 2014.

(-liputan6)