Bocoran tentang Soal Ujian Tes CPNS 2014

Info CPNS (CASN) - tips cara mengerjakan soal CAT pada seleksi

bocoran soal CAT CASN / CPNS

Bocoran mengenai soal seleksi CASN CPNS tersebut langsung berasal dari Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia.

Berdasarkan kutipan dari situs iberita, pejabat BKN Bima Haria Wibisana membocorkan tips cara mengerjakan soal-soal dengan sistem computer assisted test (CAT) pada pelaksanaan seleksi CASN / CPNS.

Berikut adalah empat "bocoran" yang legal tentang soal CPNS tersebut.
  1. Untuk Tes kompetensi dasar (TKD) hanya disediakan waktu 90 menit untuk pengerjaan 100 soal. Berarti setiap peserta seleksi CPNS hanya memiliki waktu sekitar 54 detik saja untuk mengerjakan satu soal tes.
  2. Siasat yang dapat ditempuh oleh peserta adalah dengan dengan mengerjakan soal-soal yang dianggap paling mudah sedangkan soal-soal yang sulit dikerjakan kemudian.
  3. Kisi-kisi soal juga sangat penting untuk dipelajari mengingat beragamnya materi seleksi.
  4. Silakan pelajari kisi-kisi dan contoh soal CPNS sistem CAT berisikan klompok materi wawasan kebangsaan (materi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, Tata Negara, dan sebagainya.

Tips lain yang tentu tak kalah penting adalah peserta dapat melakukan simulasi tes CPNS online terlebih dahulu di web yang disediakan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) seleksi CASN / CPNS.

Simulasi tes CPNS online Gratis

Dua alamat situs resmi untuk simulasi tes CPNS online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut adalah sc.menpan.go.id dan simulasicat.menpan.go.id.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses simulasi CAT serupa dari sejumlah situs media partner atau bahkan melalui jasa situs-situs berbayar.