RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 12 Bandung
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Semua program
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Topik : Rumpaka Kawih
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi waktu : 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi diharapkan peserta didik dapat menjelaskan secara lisan isi rumpaka kawih sunda klasik
2. Melalui diskusi diharapkan peserta didik dapat menjelaskan secara lisan isi rumpaka kawih sunda pop
B. Kompetensi dan Indikator Kompetensi Pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Membandingkan bentuk, struktur dan unsur kebahasaan teks kawih Sunda klasik dan pop
a. Peserta didik dapat membedakan antara kawih Sunda klasik dan pop
b. Peserta didik dapat menjelaskan isi rumpaka kawih sunda klasik
c. Peserta didik dapat menjelaskan isi rumpaka kawih sunda pop
C. Materi Pembelajaran 1. Fakta Teks rumpaka kawih Sunda klasik dan pop 2. Konsep Membandingkan isi teks kawih Sunda klasik dan pop 3. Prinsip Unsur kebahasaan dalam isi rumpaka kawih Sunda klasik dan pop D. Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Model : CIRC Metode : Langsung Teknik : Penugasan, Diskusi E. Media Belajar Audio visual dari video karoke kawih kembang asih karya Darso dan lagu Sesa cinta penyanyi Rika Rafika DKK F. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Peserta didik menjawab salam guru 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik 3. Peserta didik menyimak kawih yang ditayangkan diproyektor 4. Peserta didik mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran terlibat aktif dalam pembelajaran 5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 10 Menit Inti ( 5 M) Pertemuan ke 1: 1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 2 orang 2. Peserta didik membaca contoh teks rumpaka kawih 3. Peserta didik berdiskusi mengenai bahasa yang sulit dimengerti pada teks rumpaka kawih 4. Peserta didik secara berkelompok memparafrasekan isi rumpaka kawih sunda klasik dan pop 5. Tiap kelompok mendapat tugas untuk menceritakan kembali isi rumpaka kawih ke dalam bahasa yang lebih sederhana. 6. Perwakilan anggota kelompok membacakan hasil parafrase yang telah dibuat oleh temannya 30 Menit Penutup (Refleksi) Peserta didik menyimpulkan materi tentang rumpaka kawih dengan bimbingan guru 5 menit G. Penilaian Hasil Belajar 1. Bentuk penilaian a. Kompetensi Sikap: Observasi b. Kompetensi Pengetahuan: Unjuk kerja 2. Instrumen Penilaian Lembar penilaian perbuatan 3. Rubrik Penilaian Pedoman penilaian pengetahuan...