
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 12 Bandung
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Semua program
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Topik : Rumpaka Kawih
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi waktu : 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi diharapkan peserta didik dapat menjelaskan secara lisan isi rumpaka kawih sunda klasik
2. Melalui diskusi diharapkan peserta didik dapat menjelaskan secara lisan isi rumpaka kawih sunda pop
B. Kompetensi dan Indikator Kompetensi Pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Membandingkan bentuk, struktur dan unsur kebahasaan teks kawih Sunda klasik dan pop
a. Peserta didik dapat membedakan antara kawih Sunda klasik dan pop
b. Peserta didik dapat menjelaskan isi rumpaka kawih sunda klasik
c. Peserta didik dapat menjelaskan isi rumpaka kawih sunda pop
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Teks rumpaka kawih Sunda klasik dan pop
2. Konsep
Membandingkan isi teks kawih Sunda klasik dan pop
3. Prinsip
Unsur kebahasaan dalam isi rumpaka kawih Sunda klasik dan pop
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : CIRC
Metode : Langsung
Teknik : Penugasan, Diskusi
E. Media Belajar
Audio visual dari video karoke kawih kembang asih karya Darso dan lagu Sesa cinta penyanyi Rika Rafika DKK
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik menjawab salam guru
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik
3. Peserta didik menyimak kawih yang ditayangkan diproyektor
4. Peserta didik mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran terlibat aktif dalam pembelajaran
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
10 Menit
Inti ( 5 M)
Pertemuan ke 1:
1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 2 orang
2. Peserta didik membaca contoh teks rumpaka kawih
3. Peserta didik berdiskusi mengenai bahasa yang sulit dimengerti pada teks rumpaka kawih
4. Peserta didik secara berkelompok memparafrasekan isi rumpaka kawih sunda klasik dan pop
5. Tiap kelompok mendapat tugas untuk menceritakan kembali isi rumpaka kawih ke dalam bahasa yang lebih sederhana.
6. Perwakilan anggota kelompok membacakan hasil parafrase yang telah dibuat oleh temannya
30 Menit
Penutup
(Refleksi)
Peserta didik menyimpulkan materi tentang rumpaka kawih dengan bimbingan guru
5 menit
G. Penilaian Hasil Belajar
1. Bentuk penilaian
a. Kompetensi Sikap:
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
Unjuk kerja
2. Instrumen Penilaian
Lembar penilaian perbuatan
3. Rubrik Penilaian
Pedoman penilaian pengetahuan...