RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 12 Bandung
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Semua program
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Topik : Nulis laporan kegiatan
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi waktu : 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran diharapkan :
1. Melalui pembahasan peserta didik dapat menyusun bagian bagian yang harus ada dalam laporan
2. Dengan bekerja sama peserta didik dapat membuat laporan kegiatan sesuai kaidah penulisan
B. Kompetensi dan Indikator Kompetensi Pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menulis laporan kegiatan dengan
memperhatikan struktur dan unsur
kebahasaan
1. Peserta didik dapat menyusun bagian bagian yang harus ada dalam laporan
2. Peserta didik dapat membuat laporan kegiatan sesuai kaidah penulisan
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Teks laporan kagiatan
2. Konsep
Menyusun bagian bagian yang harus ada di dalam laporan kegiatan
3. Prinsip
Unsur kebahasaan dalam isi rumpaka kawih klasik dan pop
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Langsung
Teknik : Penugasan, portofolio
E. Alat dan media pembelajaran
Alat : Proyektor, Laptop, lembar kerja
Media : Media visual contoh laporan kegiatan
F. Sumber pembelajaran
Internet http...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Peserta didik menjawab salam guru 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik 3. Peserta didik membaca contoh laporan kegiatan 4. Peserta didik mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran terlibat aktif dalam pembelajaran 5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 10 Menit Inti ( 5 M) Pertemuan ke 2: 1. Peserta didik menyusun bagian bagian laporan kegiatan yang akan dibuatnya 2. Peserta didik membuat laporan kegiatan sesuai dengan sistematika pembuatan laporan 30 Menit Penutup (Kesimpulan) Peserta didik menyimpulkan materi tentang cara membuat laporan dengan bimbingan guru 5 menit F. Penilaian Hasil Belajar 1. Bentuk penilaian a. Kompetensi Sikap: Observasi b. Kompetensi Pengetahuan: Unjuk kerja 2. Instrumen Penilaian Lembar penilaian perbuatan 3. Rubrik Penilaian Pedoman penilaian keterampilan