RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Al Hadi Bandung
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Wawancara
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit ( 1 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran selesai, siswa dapat mengidentifikasi isi dari teks wawancara secara cermat, dan juga dapat menetukan struktur wawancara secara certmat dan teliti. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi Dasar Indikator 3.5 Menganalisis isi, struktur, dan aspek kebahasaan teks wawancara. 10.3.5.1 Mengindentifikasi isi struktur, aspek basa dari teks wawancara secara cermat 4.5 Merancang, melakukan dan menyusun laporan wawancara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa. . 10.4.5.1 Menyusun teks wawancara pendek cindekeun isi struktur dan aspek basa dengan benar C. Materi Pelajaran (Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur) 1. Fakta : Wawancara ke pesantren dan salah satu daerah yang memiliki tradisi menyambut bulan ramadhan. Wawancara ini di lakukan oleh Liza Aprianti, yang di download dari http://youtube.com/watch?v=PZLte5uNbMc&pbjreload=10 pada tanggal 22 Oktober 2017. 2. Konsep 1) Mengidentifikasi isi teks 2) Struktur teks 3. Prinsip 1) Bahasa lisan yang ditampilkan pada proyektor. 4. Prosedur 1) Mengidentifikasi isi wawancara 2) Menentukan struktur wawancara 3) Menentukan aspek kebahasaan D. Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Model : Discovery Learning dan project based learning Tehnik : Diskusi, tanya jawab dan penugasan E. Sumber belajar 1. Rancagé diajar basa Sunda X, penerbit Pustaka Jaya 2017 2. Video wawancara dari Internet F. Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Langkah-langkah Pembelajaran Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Guru masuk dan mengucapkan salam 2. Siswa menjawab salam guru 3. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran 4. Guru mengecek kehadiran siswa 5. Guru memberikan gambaran tentang Wawancara beserta langkah-langkah membuat Wawancara sampai dengan cara menanggapi hasil Wawancara 6. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak untuk mencoba menyimak Wawancara. 7. Siswa diberikan motivasi untuk belajar 5 Menit Inti 1. Siswa mengamati isi, struktur dan aspek basa Wawancara yang ditayangkan pada proyektor. 2. Siswa bertanya jawab tentang isi, struktur dan aspek basa. 3. Siswa memahami dan menyusun hasil wawancara yang telah di tanyangkan. 35 menit Penutup 1. Siswa menyimpulkan materi tentang Wawancara dengan bimbingan guru 2. Masing-masing siswa memberikan komentar tentang materi Wawancara ataupun mengomentari terhadap hasil wawancara teman-temannya secara sopan dan santun. 3. Siswa diberikan tugas untuk membuat teks Wawancara dengan tokoh yang berbeda 4. Siswa diberikan informasi tentang kegiatan minggu yang akan datang yaitu tentang ulangan harian 5. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan kepada siswa untuk tetap belajar. 5 menit G. Penilaian Bentuk dan Instrument penilaian a. Tes tulis bentuk uraian