RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Terpadu Al Hasan Ciamis
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Kaulinan barudak
Alokasi Waktu : 1 X 40 menit (1 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pembelajaran kaulinan barudak, peserta didik dapat: 1) menyebutkan jenis-jenis kaulinan barudak dengan benar; 2) menjelaskan prosedur kaulinan barudak dengan tepat; 3) memperagakan jenis kaulinan barudak dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan dengan penuh tanggungjawab. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.2 Mengidentifikasi jenis, ragam (varian), istilah, dan prosedur kaulinan barudak dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan. 3.2.1 3.2.2 Menyebutkan jenis-jenis kaulinan barudak Menjelaskan prosedur kaulinan barudak 4.2 Mendemonstrasikan jenis, ragam (varian), dan prosedur kaulinan barudak melalui pengamatan langsung dari berbagai media dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan. 4.2.1 Memperagakan jenis kaulinan barudak dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan. C. Materi pembelajaran 1) Fakta - Beberapa contoh teks jenis kaulinan barudak - Contoh kaulinan barudak dalam tampilan audio/visual 2)Konsep - Jenis-jenis kaulinan barudak - Prosedur kaulinan barudak 3)Prinsip - Kakawihan dalam kaulinan barudak 4) Prosedur - Demontrasi salah satu contoh kaulinan barudak D. Metode Pembelajaran 1. Pendekatan : Saintifik dan Komunikatif 2. Model : Cooperative Learning 3. Metode : Langsung 4. Teknik : Unjuk Kerja, Role Play, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan E. Alat/Bahan dan Media 1. Alat/Bahan Komputer, DVD/VCD/Flashdisk, LCD proyektor, speaker, spidol, congklak. 2. Media Teks dan video kaulinan barudak F. Sumber Pembelajaran 1. Sumber Buku Pamekar Diajar Basa Sunda Kelas VII, Penerbit Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, 2014 Buku Gapura Basa Kelas VII, Penerbit CV. Geger Sunten, Aline Creative, Youtube. G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Langkah-langkah Pembelajaran Alokasi Waktu Pendahuluan 1) Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian mengecek kehadiran peserta didik; 2) Guru memotivasi peserta didik dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan berlangsung baik dan bermanfaat; 3) Untuk menggali konsepsi awal peserta didik dan guru melakukan apersepsi dengan menggali informasi dan mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya; 4) Peserta didik dibagi menjadi beberapa ....