RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Batujajar
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Materi Pokok : Biantara
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 1x45 menit (1x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan isi, struktur dan kebahasaan teks biantara (pidato). B. Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.5 Menganalisis isi, struktur, dan sumber kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kebersihan” 3.5.1 Siswa menemukan isi biantara (pidato) 3.5.2 Siswa menemukan struktur dan unsur kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan” C. Materi Pembelajaran 1) Fakta Biantara (teks, audio biantara) 2) Konsep a. Eusi biantara (pidato) b. Struktur biantara (pidato) c. Aspek kebahasaan biantara (pidato) 3) Prinsip Tujuan biantara (pidato) 4) Prosedur a. Cara menyusun biantara (pidato) b. Cara biantara (berpidato) D. Model Pembelajaran 1) Pendekatan : Saintific, Discovery Learning 2) Model : Demonstration 3) Metode : Langsung 4) Teknik : Mengamati, tanya jawab, diskusi, penugasan E. Media dan Sumber pembelajaran 1) Media Power point 2) Alat/bahan a. LCD, laptop b. Teks biantara (pidato) 3) Sumber Belajar a. Buku Rancagé Diajar Basa Sunda kelas XI b. Internet F. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Langkah-langkah Pembelajaran Alokasi Waktu Pendahuluan 1) Ketua kelas menyiapkan kelas dan berdoa bersama 2) Guru mengecek kehadiran siswa pada kegiatan pembelajaran. 3) Siswa menyimak tujuan pembelajaran biantara (pidato) 4) Guru mengemukakan materi pembelajaran biantara (pidato) yang akan diajarkan 5) Guru mengelompokkan siswa yang perkelompoknya beranggotakan 4-5 orang 10 menit Inti Mengamati Siswa menyimak video biantara (pidato) yang disiapkan oleh guru Menanya Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi biantara (pidato) tentang definisi, isi, struktur dan aspek kebahasaan Mencoba 1) Salah seorang siswa mendemonstrasikan biantara (pidato) yang telah diberikan oleh guru yang berjudul “Miara Kabersihan” 2) Siswa menemukan isi, struktur dan aspek kebahasaan pada teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan” Mengasosiasikan Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran Mengkomunikasikan Siswa melaporkan hasil kerja kelompok tentang isi, struktur dan aspek kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan” 25 menit Penutup 1) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan 2) Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya 10 menit G. Penilaian 1. Bentuk dan instrument penilaian Tes Penilaian Pengetahuan Indikator pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Instrumen 3.5.1 Siswa bisa menemukan isi, struktur dan unsur kebahasaan teks biantara (pidato) Tes uraian 1. Pék ku hidep caritakeun eusi dina biantara nu judulna “Miara Kabersihan” téh! 2. Jelaskeun struktur biantara nu aya dina biantara nu judulna “Miara Kabersihan”! .....