RPP Biantara Bahasa Sunda SMA SMK MA MAK

Download RPP Bahasa Sunda SMA SMK MA MAK materi Biantara kelas 11


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMAN 1 Batujajar
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Materi Pokok : Biantara
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 1x45 menit (1x Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan isi, struktur dan kebahasaan teks biantara (pidato).

B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Menganalisis isi, struktur, dan sumber kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kebersihan”
3.5.1 Siswa menemukan isi biantara (pidato) 
3.5.2 Siswa menemukan struktur dan unsur kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan”

C. Materi Pembelajaran
1) Fakta
Biantara  (teks, audio biantara)
2) Konsep
a. Eusi biantara (pidato)
b. Struktur biantara (pidato)
c. Aspek kebahasaan biantara (pidato)
3) Prinsip
Tujuan biantara (pidato)
4) Prosedur 
a. Cara menyusun biantara (pidato)
b. Cara biantara (berpidato)
D. Model Pembelajaran
1)  Pendekatan : Saintific, Discovery Learning
2)  Model  : Demonstration
3)  Metode  : Langsung
4)  Teknik  : Mengamati, tanya jawab, diskusi, penugasan

E.  Media dan Sumber pembelajaran
1) Media 
   Power point
2) Alat/bahan
a. LCD, laptop
b. Teks biantara (pidato)
3) Sumber Belajar
a. Buku Rancagé Diajar Basa Sunda kelas XI
b. Internet

F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1) Ketua kelas menyiapkan kelas dan berdoa bersama
2) Guru mengecek kehadiran siswa pada kegiatan pembelajaran.
3) Siswa menyimak tujuan pembelajaran biantara (pidato)
4) Guru mengemukakan materi pembelajaran biantara (pidato) yang akan diajarkan
5) Guru mengelompokkan siswa yang perkelompoknya beranggotakan 4-5 orang 

10 menit
Inti
Mengamati
Siswa menyimak video biantara (pidato) yang disiapkan oleh guru
Menanya
Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi biantara (pidato) tentang definisi, isi, struktur dan aspek kebahasaan
Mencoba
1) Salah seorang siswa mendemonstrasikan biantara (pidato) yang telah diberikan oleh guru yang berjudul “Miara Kabersihan”
2) Siswa menemukan isi, struktur dan aspek kebahasaan pada teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan”
Mengasosiasikan
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
Mengkomunikasikan
Siswa melaporkan hasil kerja kelompok tentang isi, struktur dan aspek kebahasaan teks biantara (pidato) yang berjudul “Miara Kabersihan”
25 menit
Penutup
1) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
2) Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
10 menit

G. Penilaian
1. Bentuk dan instrument penilaian
Tes Penilaian Pengetahuan
Indikator pencapaian Kompetensi
Bentuk Penilaian
Instrumen
3.5.1 Siswa bisa menemukan isi, struktur dan unsur kebahasaan teks biantara (pidato)
Tes uraian
1. Pék ku hidep caritakeun eusi dina biantara nu judulna “Miara Kabersihan” téh!
2. Jelaskeun struktur biantara nu aya dina biantara nu judulna “Miara Kabersihan”!

..... 

download RPP Biantara

RPP Sisindiran kelas XI SMA SMK MA MAK Bahasa Sunda