RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA KHZ Musthafa Sukamanah
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Aksara Sunda
Alokasi Waktu : 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta didik dapat: 1. Memilih bentuk dan tipe aksara Sunda dengan kaidah-kaidahnya 2. Mengaitkan bentuk aksara Sunda dengan hurup yang sama (sarimbag) 3. Mengoreksi aksara Sunda dalam kalimah sesuai dengan kaidah-kaidahnya B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.8 3.8 Menganalisis bentuk dan tipe aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya. - 3.8.1 Mengelompokkan bentuk dan tipe aksara sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya 3.8.2 Menunjukkan aksara Sunda yang memiliki bentuk hampir sama. 3.8.3 Mengoreksi Aksara Sunda dalam bentuk kaligrafi sesuai dengan kaidah-kaidahnya 4.8 Mendemonstrasikan aksara Sunda sesuai dengan kaidah- kaidahnya. 4.8.1 Membuat kalimat aksara Sunda kedalam bentuk kaligrafi dalam bentuk foster C. Metode Pembelajaran Pendekaran : Saintifik Model : complette centence Teknik : diskusi, penugasan, tanya jawab D. Media Pembelajaran 1. Media: Audio-Visual (video, gambar ilustrasi, dan powerpoint materi aksara Sunda) 2. Alat/Bahan: Laptop dan Projektor 3. Sumber Belajar: a. Rahmat Taufik Hidayat, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat. b. Dian Hendrayan, Ai rohmawati, Ilham Nurwansah, Puspita Widyamulya, Ari Andriansyah, Rani Rabiussani. 2017. Rancage Diajar Basa Sunda. Bandung: Pustaka Jaya c. Prof. Dr. H Rahman, M.Pd 2017. Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Sumedang: Alqo C. MATERI PEMBELAJARAN (FAKTA, KONSEP, PRINSIP, PROSEDUR) ...