RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah Cipanas
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : VIII/ 1
Materi Pokok : Sisindiran
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (40 menit)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses kegiatan pembelajaran Sisindiran dan menggali informasi melalui
berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep menginterpretesi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan materi sisindiran siswa bisa :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi isi teks sisindiran dengan teliti
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri sisindiran dengan teliti
3. Peserta didik dapat menyebutkan dan memahami jenis-jenis sisindiran dengan penuh
tanggung jawab
4. Peserta didik dapat membedakan sisindiran berdasarkan isinya dengan cermat
5. Peserta didik menulis teks sisindiran dengan benar
6. Peserta didik melakukan “tempas sindir” bersama-sama
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.3 Memahami dan mengidentifikasi bentuk, struktur teks, aspek kebahasaan, dan fungsi soal puisi sisindiran. 8.3.3.1 Mengidentifikasi isi, ciri sisindiran 8.3.3.2 Membedakan jenis jenis sisindiran .4.3 Mengekspresikan sisindiran dalam bentuk tulisan dan lisan dengan memperhatikan struktur, ekspresi dan lentong kalimat. 8.4.3.1 Membuat teks sisindiran 8.4.3.2 Mendemontrasikan sisindiran secara bersama - sama C. Materi Pembelajaran 1) Fakta Teks sisindiran/ video tentang sisindiran Teks Sisindiran Rarasaan melak cau, teunyaho mah melak jahé. Rarasaan matak lucu, (1) teu nyaho mah matak réhé. Mun teu tulus ka paseukna, ka pancirna ogé hadé. Mun teu tulus ka lanceukna, (2) ka adina ogé hadé. Lamun urang ka Cikolé, moal hésé tumpak kahar. Lamun urang daék gawé, (3) moal hésé barangdahar. Meuleum manggu tengah poé, dicokélan kayu api. Malem minggu ninggang sué, (4) diapélan aki-aki. Samping hideung dina bilik, ....