Paket Soal TPA 4 Tes Seleksi Calon Aparatur Sipil negara (CASN)

Soal TPA Padanan Kata, Lawan Kata, Pemahaman Wacana, Deret Angka, Aritmetika dan Konsep Aljabar, Penalaran Logis, Penalaran Analitis Tes Seleksi Calon ASN atau CPNS dilengkapi jawaban dan pembahasan


Soal TPA Padanan Kata, Lawan Kata, Pemahaman Wacana, Deret Angka, Aritmetika
Soal TPA Padanan Kata, Lawan Kata, Pemahaman Wacana, Deret Angka, Aritmetika


Padanan Kata
Petunjuk: Untuk soal nomor 1 - 5, masing-masing soal terdiri dari satu kata yang dicetak dengan huruf besar (huruf kapital) diikuti oleh lima kemungkinan jawaban. Pilihlah satu jawaban yang mempunyai arti sama atau paling dekat dengan arti yang dicetak dengan huruf kapital.

1. GELAP
(A) Kelam   (C) Silau   (E) Geram
(B) Kilau   (D) Muram

2. PAKAR
(A) Ahli   (C) Umum   (E) Golongan
(B) Kompleks   (D) Khusus

3. ADAPTASI
(A) Tetap   (C) Pilihan   (E) Perubahan
(B) Penyesuaian (D) Perencanaan

......

Penalaran Logis
Untuk soal nomor 46 - 50, terdiri atas pernyataan-pernyataan yang akan digunakan untuk menyimpulkan permasalahan. Setiap soal terdiri atas dua pernyataan. Bacalah baik-baik kedua pernyataan itu, kemudian pilihlah salah satu di antara lima pilihan jawaban yang merupakan kesimpulan dari dua pernyataan tersebut.

46. Siswa kelas 3 baru naik ke kelas 4 jika sudah lulus ujian perkalian. Dani dan Seno adalah siswa kelas 4.
(A) Dani dan Seno pasti mampu mengerjakan ujian perkalian
(B) Seno tidak lulus ujian perkalian
(C) Dani tidak lulus ujian perkalian
(D) Dani dan Seno belum tentu mampu mengerjakan ujian perkalian
(E) Dani lebih pandai daripada Seno

.....

Penalaran Analitis
Untuk soal nomor 51 - 60, terdiri atas beberapa pernyataan yang merupakan informasi yang dibutuhkan dalam membuat kesimpulan. Setiap soal terdiri atas dua pernyataan. Bacalah baik-baik pernyataan dan pertanyaannya, kemudian pilihlah salah satu di antara lima pilihan jawaban yang merupakan kesimpulan pertanyaan.

51. Dalam pemilihan ketua kelas VI, perolehan suara Ahmad tidak kurang dari Conie dan tidak lebih dari Eka. Perolehan suara Beta sama dengan Ahmad dan tidak lebih dari Eka. Perolehan suara Dody tidak lebih dari Beta dan kurang dari Conie. Siapakah yang terpilih sebagai ketua kelas?
(A) Ahmad    (C) Eka     (E) Beta
(B) Conie    (D) Dody

52. Lima orang pedagang bakso menghitung hasil penjualan dalam suatu hari. Pedagang III lebih banyak menjual daripada pedagang IV, tetapi tidak melebihi pedagang I. Penjualan pedagang II sama dengan pedagang IV tetapi tidak melebihi pedagang III. Pedagang mana yang hasil penjualannya terbanyak?
(A) Pedagang I   
(D) Pedagang IV
(B) Pedagang II   
(E) Pedagang II dan IV
(C) Pedagang III

download soal

Paket Soal TPA 3