Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 1 Biografi

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 1 Biografi

Dowload RPP pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 8 SMP semester 1 materi teks biografi


Kompetensi Dasar (KD) untuk materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 ini diantaranya adalah: Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain dan Memahami teks cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.

Sedangkan indikator keberhasilan pembelajaran ini dapat terlihat dari kemampuan siswa dalam:

  1. Menjelaskan teks biografi dilihat dari struktur isi
  2. Menjelaskan teks biografi dilihat dari fitur bahasanya
  3. Membandingkan ciri teks cerita biografi
  4. Membandingkan isi teks biografi


RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini ddirancang untuk dua pertemuan kelas dengan rincian sebagai berikut:
Pertemuan 1
  1. Melalui membaca teks biografi, peserta didik dapat menjelaskan Teks biografi dilihat dari struktur isi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Melalui membaca teks biografi, peserta didik dapat mejelaskan teks biografi dilihat dari fitur bahasanya secara jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pertemuan 2
  1. Setelah mengamati teks biografi, struktur isi, dan fitur bahasa, peserta didik dapat membandingkan ciri dan isi teks bigrafi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Setelah mengetahui ciri dan isi teks bigrafi, peserta didik dapat mempresentasikan tulisannya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
RPP Indonesia 8 SMP Biografi

Sumber Belajar

Tentu saja untuk materi ini memerlukan sumber berupa teks biografi tokoh tertent. Sebagai contoh dapat digunakan biografi Ainun-Habibie, Biografi Soekarno, atau seperti dalam Instrumen Penilaian Pengetahuan dalam contoh RPP yang kami bagikan ini yaitu biografi Mertayani seorang gadis 14 tahun, siswi SMP yang sehari-hari menjadi pedagang asongan dan pencari barang rongsokan, namun berprestasi sebagai seorang fotographer.

Ada kemiripan hidup antara Mertayani dan Anne Frank. Sama-sama ditekan dalam sebuah kondisi yang begitu menyulitkan. Bedanya, Anne yang keturunan Yahudi besar di bawah tekanan tentara Nazi pada masa itu, sementara Mertayani besar di bawah tekanan ekonomi.

Kondisi ekonomi yang sangat sulit memaksa Mertayani harus dewasa di usianya yang masih 14 tahun. Sehari-harinya, Mertayani membantu ibunya berjualan asongan di pinggir pantai selain menjalani tugas belajar sebagai siswi di SMPN 2 Abang. Kadangkala, dia ikut mencari barang rongsokan di tepi pantai.

Aktivitas ini sama sekali tak pernah terbersit dalam benak Mertayani untuk dilakoni. Namun ketabahan ibunya dalam menjalani itu semua membuat Mertayani cuek terhadap cibiran di sekelilingnya. Dan, siapa menyangka, dari aktivitas mengasong dan mencari barang rongsokan, Mertayani justru kenal dengan para wisatawan. Termasuk Mrs Dolly Amarhoseija yang meminjamkan kamera digital serta mengajarkan Mertayani cara membidikannya.

download RPP

Silahkan download RPP Bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 1 untuk materi teks biografi:

RPP Indonesia kelas 8 SMP