Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Organisasi Penerbit Lisensi Hak Cipta

Organisasi Penerbit Lisensi Hak Cipta

Creative Commons - Penerbit Lisensi Hak Cipta untuk melindungi hak pencipta atas karyanya


Gelar akademis termasuk sebuah lisensi. Sebuah Universitas memberikan izin kepada perorangan untuk memakai gelar akademis. Misalnya (Diploma I (D1), Ahli Madya (Diploma III, (D3)), Sarjana (S1), Magister (S2), Doktor (S3)).

Lisensi dalam pengertian umum dapat diartikan memberi izin. Pemberian lisensi dapat dilakukan jika ada pihak yang memberi lisensi dan pihak yang menerima lisensi, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian.

Macam-macam lisensi
Selain lisensi akademis seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa jenis lisensi lainnya, di antaranya:

  • Lisensi atas hak intelektual, misalnya lisensi untuk perangkat lunak komputer
  • Lisensi massal misalnya lisensi perangkat lunak yang diberikan oleh pemilik ke perorangan untuk dalam sebuah komputer.
  • Lisensi merek barang / jasa, misalnya Martabak Pedas Cap Seuhah
  • Lisensi hasil seni dan karakter, pemilik lisensi dapat memberikan izin atas penyalinan dan pendistribusian hak cipta material seni dan karakter (misalnya, Sponge Bob menjadi Bob Si Spon).

Creative Commons

Creative Commons (CC) adalah suatu organisasi nirlaba (non-profit) yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal agar dapat digunakan kembali dan dibagi secara luas. Organisasi ini telah menerbitkan beberapa lisensi hak cipta yang dikenal dengan lisensi Creative Commons. Lisensi-lisensi ini membatasi atau bahkan membebaskan hak pencipta atas karyanya sehingga penyebaran karya tersebut lebih mudah.

Tipe-Tipe Lisensi Creative Commons

Lisensi Creative Commons terdiri dari empat modul utama yaitu Atribusi (BY), yang membutuhkan atribusi ke pencipta aslinya, Berbagi Serupa (SA), yang memungkinkan adanya karya turunan di bawah lisensi yang sama atau serupa, Non-Komersial (NC), yang mana ciptaan tersebut tidak digunakan untuk tujuan komersial, dan Tanpa Turunan (ND), yang memperbolehkan hanya ada ciptaan aslinya, tanpa turunan. Keempat modul ini dikombinasikan untuk membentuk enam lisensi utama dari Creative Commons.


Situs Resmi Creative Commons

lisensi hak cipta kreatif

Creative Commons didirikan oleh Lawrence Lessig tahun 2001 Mountain View, California, Amerika Serikat. Situs resmi: creativecommons.org

sumber:ensiklopedia bebas Wikipedia