Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Silabus Prota Promes dan KKM IPS Terpadu Kelas 8 SMP MTS Kurikulum 2013

Silabus Prota Promes dan KKM IPS Terpadu Kelas 8 SMP MTS Kurikulum 2013

Silabus, prota promes, KKM IPS Terpadu Kelas 8 SMP dan MTS Kurikulum 2013


Administrasi Guru wajib disiapkan oleh para pendidik. Untuk melengkapinya, kami kembali berbagi contoh Silabus, program tahunan (prota), program semester (promes), penentuan nilai KKM mata pelajaran IPS Terpadu untuk Kelas 8 jenjang SMP dan MTS sesuai panduan Kurikulum 2013 yang dapat anda unduh.

Silabus Prota Promes dan KKM IPS Terpadu Kelas 8 SMP MTS Kurikulum 2013

sebagian isi silabus

  • Kompetensi Dasar:
    3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
    4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) di lingkungan sekitar.
  • Materi Pokok: Permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional.
    1. Permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
    2. Dampak permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup terhadap pembangunan nasional
    3. Cara mencegah dan mengatasi permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
  • Pembelajaran:
    Mengamati: Membaca dan menyimak buku teks tentang permasalahan kependudukan dan lingkungan, dampaknya terhadap pembangunan nasional, dan cara mencegah serta mengatasinya (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
    Mempertanyakan: Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
    Mengumpulkan: Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun browsing internet.
    Mengasosiasikan: Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
    Mengomunikasikan: Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional dalam mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
  • Instrumen Penilaian:
    Observasi: Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)
    Portofolio: Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
    Tes tertulis/lisan: Menilai kemampuan memahami konsep.
  • Alokasi Waktu: 8 minggu x 4 jam pelajaran
  • Sumber Belajar:
    • Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
    • Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
    • Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
    • Referensi lain yang sesuai.
    • Media cetak/ elektronik

download

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau patokan nilai terendah dalam penilaian peserta didik.
KKM IPS Kelas 8

PROTA atau rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.
PROTA IPS Kelas 8

SILABUS atau rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup dan sekaligus menjabarkan standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
Silabus IPS Kelas 8