Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Tertib Memakai Seragam Sekolah

Tertib Memakai Seragam Sekolah

Tertib sesuai aturan dan disiplin dalam berpakaian bagi siswa SD SMP SMA SMK di sekolah maupun madrasah

tips memakai seragam

Seragam sekolah adalah pakaian yang harus digunakan untuk setiap pelajaran ketika mereka pergi ke sekolah baik itu TK, SD, SMP/MTs, dan SMA/MAN. Kadang-kadang ada sebagian anak pelajar yang ingin terlihat lebih modis sendiri menggunakan pakaian seragam sekolahnya. Dengan alasan fashion yang sedang trend, sehingga banyak anak sekolah yang menggunakan celananya di kecilkan bagian bawahnya, begitupun dengan rok, bagian bawahnya dipotong jadi terlihat roknya lebih pendek atau tiga per empat untuk rok panjang.

Tetapi masih ada sekolah yang peraturannya sangat ketat sekali terutama dalam masalah kedisiplinan salah satunya dalam masalah pakaian sekolah. Para pelajar selalu diberi peringatan agar selalu mematuhi peraturan, jika ada yang melanggarnya akan diberikan sanksi atas pelanggaran etika berbusana dari pihak sekolah.

tips memakai seragam sekolah

Di bawah ini adalah beberapa aturan seragam sekolah yang digunakan untuk para pelajar di sekolah sesuai dengan peraturan sekolah, yaitu :

  1. Pakaian harus rapih, tidak gombrang (kebesaran) atau ketat (kekecilan), bagian bawah kaos kaki wajib digunakan.
  2. Topi dan dasi ketika upacara bendera wajib untuk dipakai.
  3. Para pelajar wajib menggunakan ikat pinggang hitam polos, ujung bawah baju harus dimasukan ke dalam celana
  4. Sepatu yang digunakan harus berwarna hitam polos dan kaos kaki putih.

Itulah beberapa penjelasan yang harus di patuhi para pelajar dalam menggunakan pakaian seragamnya. Selain itu, jika para pelajar mematuhi peraturan cara berseragam yang baik dan benar, tentunya akan memberi manfaat yang baik yaitu, bisa membiasakan diri dalam disiplin dan juga rapih dalam menggunakan seragam sekolah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian para pelajar agar bisa mematuhi peraturan yang ada disekolahnya masing-masing. Selalu bertindak dan melakukan hal yang positif agar kedepannya bisa menjadi lebih baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Your future is determined by what you start today

penjahit seragam com cara-menggunakan-seragam-sekolah