Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Arti Disiplin Dan Cara Menerapkannya

Arti Disiplin Dan Cara Menerapkannya

pengertian, disiplin siswa, penyebab siswa tidak disiplin, disiplin di dalam kelas

disiplin siswa

Disiplin adalah cerminan kehidupan masyarakat bangsa dan negara. Sikap disiplin akan terlihat ketika kita sedang berada di tempat umum atau khusus. Akan lebih khusus jika berada di lingkungan sekolah karena ada banyak peraturan-peraturan yang selalu di langgar oleh setiap siswa karena kurang mematuhi peraturan tersebut.

Johar Permana, nursisto (1986:14) mengatakan bahwa disiplin merupakan suatu disiplin yang tercipta dan terbentuk melalui proses serta serangkaian sutau perilaku yang menunjukan nilai-nilai kepatuhan, ketaatan, keteratutan, kesetiaan, dan ketertiban.

Disiplin siswa disekolah

Seorang siswa ketika sedang berada di lingkungan sekolah artinya siswa tersebut harus benar-benar mematuhi peraturan sesuai peraturan yang berlaku. Ketaatan dan kepatuhan siswa berbagai tata tertib dan aturan yang berlaku itu disebut dengan disiplin siswa. Disiplin sekolah merupakan suatu usaha untuk mengajarkan siswa agar sikapnya tidak menyimpang serta dapat memajukan siswa untuk bertingkah laku sesuai dengan norma yang berlaku disekolahnya.

Tujuan disiplin sekolah menurut maman ranchman (1999:83) yaitu :
· Membantu siswa agar berperilaku yang baik dan benar
· Membrikan dukungan terhadap siswa yang tidak berperilaku menyimpang
· Belajar dengan kebiasaan yang benar serta bisa bermanfaat terhadap lingkungannya
· Mendorong siswa agar bisa menyesuaikan diri dan memahami lingkungan serta menjauhi hal-hal yang dilarang oleh sekolah.

Seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang baik serta nyaman mau di lingkungan kelas atau pun lingkungan sekolah. Jika seorang guru tidak mampu untuk menciptakan suasana yang nyaman makan guru tersebut kurang termotivasi akibatnya belajar kurang kondusif demi tercapi prestasi belajar siswa.

penyebab siswa tidak disiplin

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan siswa tidak disiplin menurut Brown dan Brown (1973:115) yaitu :
· Berperilaku tidak disiplin yang disebabkan sekolah karena kurang menyenangkan serta kurang disiplin
· Berperilaku tidak disiplin yang disebabkan pengajar atau guru
· Berperilaku tidak disiplin yang disebabkan siswa karena berasal dari keluarga yang broken home
· Berperilaku tidak disiplin yang disebabkan kurikulum karena kurang fleksibel, terlalu kaku dan lain sebagainya.

Berhubungan dengan hal-hal diatas tadi guru harus mampu mengmbangkan raa disiplin siswa terutama pada diri sendiri seperti menegmbangkan pola pikir siswa, memakai pelaksanaan aturan sebagai alatnya, dan mendorong siswa agar mampu meningkatkan standar perilakunya.

Disiplin siswa di dalam kelas

Disiplin merupakan watak dan hati dengan maksud agar bisa mematuhi peraturan –peraturan yang berlaku. Disiplin bertujuan untuk membantu siswa agar mampu menyesuaikan diri serta memahami dengan tuntunan lingkungan.

Ajarakan anak nada mulai bersikap disiplin mulai sejak kecil agar anak anda mudah untuk di atur dan bisa menjauhi hala-hala yang negative.

“An action is the foundation of a success”
http://javafardyanz.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-disiplin-dan-penerapannya.html