Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Cara Membiasakan Diri Membaca Buku

Cara Membiasakan Diri Membaca Buku

tips atau cara agar anda bisa terbiasa dalam membaca buku - menambah kita pengetahuan serta wawasan yang luas, meningkatkan kualitas memori otak

baca buku

Cara Membiasakan Diri Membaca Buku – Membaca buku merupakan suatu ilmu yang bisa menambah kita pengetahuan serta wawasan yang luas, meningkatkan kualitas memori otak, lebih percaya diri, menyelesaikan masalah dan memperoleh ide. Akan lebih di sayangkan jika anda belum terbiasa untuk membaca buku. Ada berbagai macam alasan sehingga tidak bisa untuk membiasakan membaca buku seperti asyik dengan gadget, lebih nyaman nonton tv, atau lebih tertarik dengan mendia sosial. Secara perlahan jika anda benar-benar ingin membiasakan diri, disini kami akan berbagi tips atau cara agar anda bisa terbiasa dalam membaca buku.
Mungkin membaca buku adalah salah satu impian anda yang belum tercapai karena tidak ada waktu atau dengan tertentu. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda mencoba cara di bawah ini bukan?

Cara Membiasakan Diri Membaca

· Trigger atau tentukan pemicu
Yang namanya kebiasaan itu pastinya harus memiliki yang namanya pemicu dari segi waktu, lokasi, kondisi mental dan lain sebagainya. Pemicu untuk menjadi kebiasaan agar bisa menjadi kebiasaan. Anda sudah jadwalkan misalkan membaca buku jam 10 malam, nah untuk hari besok dan seterusnya harus anda lakukan karena itu merupakan bagian dari aktifitas anda.
· Membuat sasaran agar membaca harian bisa dengan mudah
Bagaimana pikiran anda ketika anda sedang malas untuk membaca buku? Apakah terbebani? Agar bisa menghindari berbagai macam hal yang membuat anda malas, lebih baik anda membuat target atau sasaran harian agar membaca buku anda bisa dengan mudah untuk tercapai. Berbeda sekali jika membaca buku dengan bermain media sosial, tara-rata orang jika sudah main media sosial pasti semangat.
· Membaca buku
Waktunya membaca buku dan bertany pada diri anda sendiri tentang mengapa, apa, dan bagaimana tentang topik hari ini yang anda baca. Dengan begitu pasti anda memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dengan topik yang anda baca. Membaca buku tak harus buru-buru, akan lebih baik jika anda membaca buku dengan santai saja.
· Melacak perkembangan membaca anda
Jika anda telah meraih sasaran sesuai dengan apa yang anda inginkan, anda bisa mengetahui perkembangan membaca anda dengan aplikasi pelacak habit atau kalender.
· Melihat adanya kebiasaan membaca buku
Ketika anda sudaah terbiasa membaca buku, pastinya ketika tidak membaca buku itu rasanya ada yang kurang atau ada yang hilang. Itu namanya berarti anda sudah terbiasa sekali dengan kebiasaan anda dalam membaca buku. Menurut phillippa lally yang namanya kebiasaan itu baru akan muncul dengan memakan waktu paling banyak 254 hari, paling sedikit 18 hari.
· Memberi ganjaran sesudah membaca buku
Memberikan ganjaran setelah anda membaca buku ini bisa berupa main facebook, menonton tv, ngobrol santai bersama keluarga dan lain sebagainya. Tanpa anda sadari bahwa aktifitas tersebut itu lah yang menghambat anda sebelum anda terbiasa membaca buku. Mantap bukan?
Membaca cara-cara tidak sulit, akan tetapi lebih sulit jika anda mempraktikannya langsung dan ternyata itu akan menjadi kebiasaan anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

“Good start will lead you to great end” ^_^

tips pengembangan diri com / cara-membangun-kebiasaan-membaca-buku /