Panduan Contoh Soal, Media Belajar, Perangkat Guru, dan Kurikulum: Bocoran tentang Soal Ujian Tes CPNS 2014

Bocoran tentang Soal Ujian Tes CPNS 2014

Info CPNS 2014 - tips cara mengerjakan soal CAT pada seleksi CPNS 2014

bocoran soal CAT CPNS 2014

Bocoran mengenai soal CPNS 2014 tersebut langsung berasal dari Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia.

Berdasarkan kutipan dari situs iberita, pejabat BKN Bima Haria Wibisana membocorkan tips cara mengerjakan soal-soal dengan sistem computer assisted test (CAT) pada pelaksanaan seleksi CPNS 2014.

Berikut adalah empat "bocoran" yang legal tentang soal CPNS 2014 tersebut.
  1. Untuk Tes kompetensi dasar (TKD) hanya disediakan waktu 90 menit untuk pengerjaan 100 soal. Berarti setiap peserta seleksi CPNS hanya memiliki waktu sekitar 54 detik saja untuk mengerjakan satu soal tes.
  2. Siasat yang dapat ditempuh oleh peserta adalah dengan dengan mengerjakan soal-soal yang dianggap paling mudah sedangkan soal-soal yang sulit dikerjakan kemudian.
  3. Kisi-kisi soal juga sangat penting untuk dipelajari mengingat beragamnya materi seleksi.
  4. Silakan pelajari kisi-kisi dan contoh soal CPNS sistem CAT berisikan klompok materi wawasan kebangsaan (materi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, Tata Negara, dan sebagainya.

Tips lain yang tentu tak kalah penting adalah peserta dapat melakukan simulasi tes CPNS online terlebih dahulu di web yang disediakan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) seleksi CPNS 2014.

Simulasi tes CPNS online Gratis

Dua alamat situs resmi untuk simulasi tes CPNS online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut adalah sc.menpan.go.id dan simulasicat.menpan.go.id.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses simulasi CAT serupa dari sejumlah situs media partner atau bahkan melalui jasa situs-situs berbayar.