Contoh Soal OSN Fisika SMP

Soal Olimpiade Sains Nasional bagi guru pembimbing OSN siswa bidang kompetensi Fisika.

download soal OSN Fisika

Soal nomor 1
Guru mengembangkan... untuk menyusun materi ajar secara hirarkis sesuai dengan kedalaman yang dituntut pada standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Soal nomor 2
Pak Hamdi selalu menutup pembelajaran fisika dengan melakukan kuis dan setiap mengakhiri sebuah pokok materi secara rutin meiakukan tes formatif. Kedua hasil tes tersebut digunakan oleh Pak Hamdi sebagai ....

Soal nomor 3
Bu Retno membuat sejumlah soal fisika pada saat menyusun rencana pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran soal-soal tersebut dibagi dua bagian. Bagian pertama digunakan sebagai bahan diskusi kelompok, sisanya digunakan sebagai tes formatif.
Ditinjau dari fungsinya hasil yang diperoleh dari kedua bagian tes tersebut berbeda.

Fungsi yang dijalankan oleh masing-masing kelompok soal tersebut adalah....

Soal nomor 4
Guru sering bertanya : "anak-anak sudah mengerti?". Sebenarnya ini dapat dipandang sebagai pertanyaan yang tidak efektif dari guru yang melakukannya, karena untuk tujuan yang sama sebenarnya guru dapat mengajukan pertanyaan lain yang berkaitan dengan apa yang sudah dijelaskannya, sehingga guru dapat menyimpulkan siswa sudah atau belum mengerti dengan menilai salah atau benarnya jawaban siswa. Tujuan yang dimaksud adalah melakukan tahap ... dari kegiatan inti.

...

Soal nomor 59
Dua buah hambatan 3 ohm dan 6 ohm dirangkai paralel dan dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan searah, temyata pada rangkaian terjadi arus sebesar 2 A.

Jika kedua hambatan itu dirangkai seri dan dipasang pada sumber tegangan yang sama ternyata kuat arusnya 0,5 A. 

Beda potensial listik dan hambatan dalam sumber tegangan itu adalah ....

Soal nomor 60
Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal.6 m/s dan mengalami percepatan yang berubah terhadap waktu menunrut persamaan a = (8t - 4) m/s2.

Kecepatan benda itu pada saat t= 4s adalah ...

Silahkan unduh Contoh Soal OSN Guru bidang studi Fisika untuk guru di jenjang SMP dalam 10 halaman (60 soal) format file pdf 5,5 MB

Soal OSN Guru Fisika SMP